Coretan Pena-ku

TIPS CEPAT MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR  SKRIPSI

Tips Menyelesaikan Skripsi Cepatpertama, tetapkan target bab ini itu selesainya kapan. perihal paling sulit dalam penyusunan skripsi yaitu memulai serta mengakhirinya. mood untuk kerjakan skripsi itu sukar didapat, banyak gangguannya. dimulai dari sosnet, bermain, terhitung juga apabila kita ada sambilan menambah duit saku ( usaha kecil-kecilan ). godaan terbesar saat mengakhiri studi ( terhitung skripsi ) yaitu tenggelam dalam kesenangan menggumpulkan rupiah/dolar. jika mood telah bisa maka kerjakan skripsi merasa enak sampai-sampai telat makan serta mandi. hehe..

ke-2, rekam diskusi. mintalah izin pada pembimbing buat merekam konsultasi, perihal ini penting karena dari pada kita repot mencatat saat dosen menjelaskan suatu hal tambah baik kita punya rekaman hingga kita semakin dapat berkonsentrasi pada apa yang didiskusikan. bila lalu butuh coretan, cuma poin-poin besar yang dicatat.

ketiga, segera perbaiki pasca bimbingan. umumnya sesudah bimbingan ada dua perihal yang berlangsung : bingung serta motivasi. nah mumpung tetap hangat diskusi dengan pembimbing faedahkan hari itu juga untuk merenung serta menuliskan ide-ide yang mempunyai tujuan memperbaiki catatan. pengalaman saya cocok menulis skripsi yakni menahan-nahan untuk menuliskan hasil konsultasi, otomatis waktu pelaksanaan yang dibutuhkan jadi lebih lama. janganlah ditiru…. ! ! !

keempat, mintalah rekan untuk me-review. saat draft skripsi telah selesai mintalah pada rekan yang cermat serta hobi membaca untuk me-review kosa kata yang kita catat benarkah atau salah. janganlah terlampau menginginkan pembimbing untuk meneliti dengan detil catatan kita karena pekerjaan pembimbing bukan hanya terpaku pada skripsi kita saja.

kelima, janganlah segan untuk menghendaki bantuan. dalam pelaksanaan skripsi pasti banyak hambatannya contohnya dalam kajian data. nah minta tolonglah pada rekan apabila pikiran telah buntu. berlama-lama dalam kebuntuan cuma dapat menambah lama waktu pelaksanaan skripsi. ingat rekan kita itu masih banyak, asal kita terbuka niscaya ada rekan yang siap menolong. lantas keterbukaan dalam penyusunan skripsi itu penting, janganlah menutup rapat-rapat saat ditanya progress skripsi kita sampai mana.

keenam, memakai waktu bimbingan. pembimbing itu terbatas namun mahasiswa yang bimbingan skripsi itu masih banyak, belum lagi ada aktivitas pembimbing untuk mengajar ataupun lakukan penelitian hingga saat bimbingan dengan pembimbing itu harus dimaksimalkan. sebelum saat bimbingan tulis kebingungan yang ada serta buat skala prioritas, mana yang sangat penting untuk ditanyakan. karena mustahil saat waktu bimbingan terbatas kita bertanya seluruh perihal yang membingungkan ( membutuhkan diskusi ). untuk yang pembimbingnya sukar didapati mesti lebih memaksimalkan lagi waktu bimbingannya. dapat juga dibikin dua atau lebih “model” yang dapat jadikan bahan bimbingan, hingga jika pembimbing tidak pas dengan jenis a kita telah siap dengan jenis b, dan sebagainya.

ketujuh, janganlah pulang sebelum saat selesai. perihal ini berlaku untuk mereka yang merantau. pengalaman yang saya alami saat orang-orang paling dekat telah mendesak untuk segera lulus, maka ada rasa malu saat pulang belum ada kemajuan yang penting walau sebenarnya umumnya saya pulang 1 minggu sekali. karenanya ada “aturan” ini bisa sebagai motivasi tambahan.

kedelapan, janganlah lupa untuk berdoa, minta didoakan orang tua, berbuat kebaikan serta juga beribadah. modal spiritual juga penting untuk mendukung penyelesaian skripsi. dengan spiritual yang kuat bila kita future/ down maka dapat segera kembali ke jalur yang benar. memanglah futur/ down dalam pelaksanaan skripsi itu wajar, namun berlama-lama dalam kefuturan lagi-lagi dapat memperlama waktu pelaksanaan skripsi.

tersebut sebagian strategi saat menyelesaikan skripsi utamanya pada step penulisan hasil penelitian. ingatlah bahwa di antara kebahagiaan orang tua yaitu anaknya dapat lulus serta menyandang gelar sarjana. karena umumnya saat belum lulus-lulus tetangga dapat berikan “tekanan” pada orang tua kita dengan senantiasa ajukan pertanyaan pada orang tua kita. belum lagi ada psy war pada waktu ibu-ibu pada berkumpul serta saling membanggakan anak-anaknya. kelulusan kita sedikit banyak dapat menolong kurangi beban yang diemban oleh orang tua, baik beban finansial ataupun beban psikologis.

butuh dicatat juga untuk mereka yang memanglah belum lulus dikarenakan tetap repot dengan “perbaikan nilai” serta skripsi juga kegiatan-kegiatan penunjang soft skill yang lain atau situasi sosial ekonomi tidak butuh terlampau kuatir, karena dalam pendidikan ( kuliah ) itu merupakan sesuatu sistem, serta berbeda sistem yang dihadapi satu mahasiswa dengan mahasiswa. orang lain ( tetangga, rekan ) itu cuma lihat hasil selanjutnya tidak lihat apalagi rasakan sistem yang kita alami. jika kita bersabar dalam sistem ini minimal kita jadi yang tambah baik dibanding dengan orang yang menentukan beli ijazah. pepatah arab menyebutkan barangsiapa bersungguh-sungguh niscaya dia dapat mendapatkan ( keberhasilan ). tak ada kesenangan ( keberhasilan ) jika sesudah kepayahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: